Thursday, May 19, 2016

Urus paspor anak di Kanim Tangsel



"Anak itu penuh kejutan ya. Amunisi stok sabar harus full setiap hari" @cyyndewii

Dibalik cuitan 17 May 2016 10:22 am, ada curhat panjang mamak disini. Begini kejadiannya...

Senin, 16 May 2016
Dari semalem udah niat mau bikin paspor si adek hari ini. Ternyata berbarengan dengan kasus robohnya jalan tol BSD karena ketabrak truk crane, imbasnya jalanan BSD macet total. wedew. Untungnya Kanim Tangsel gak terlalu jauh dari rumah, kita dapat nomor antrean 354 (dibaca: urutan ke-54). 

Yang kedua, anak yang mau dibikinin paspor harus hari itu juga dibawa karena setelah cek berkas, lanjut ke proses foto sekalian. Daaaaaan si adek telanjur dititip daycare, mau dijemput udah keburu males karena macet banget. Akhirnya gak jadi antri, nomer antrian saya balikin ke petugas tapi formulir saya bawa pulang dan diisi di rumah.

Selasa, 17 May 2016
Formulir permohonan sudah diisi dari semalem, berkas persyaratan juga sudah lengkap. Kita berusaha datang lebih pagi dari kemaren, supaya dapet antrian yang gak terlalu jauh. Adek pagi-pagi sudah siap diangkut, lengkap dengan cemilannya dan batrei hp full buat nonton video lagu-lagu anak manakala bosan nunggu.

Kita dapat nomor antrian 324. Hari itu Kanim Tangsel padet banget. Banyak juga yang bawa anak-anak. Sebelum dipanggil nomor antrian, Petugas memberikan briefing dulu mengenai tata cara permohonan paspor. Setelah itu baru pemanggilan nomor antrian untuk proses pertama: cek kelengkapan berkas di lantai 1 selanjutnya proses foto paspor di lantai 2.

Pada saat menunggu untuk difoto yang lumayan lama banget, si adek sempat agak rewel dan bosan. Senjata pamungkas pun keluar, nonton video lagu anak di hp. Lalu nama adek dipanggil. Kita masuk ke ruangan yang bisa dibilang sempit. Ada 2 petugas di situ, laki-laki semuanya. 1 orang bertugas memasukkan data,  1 lagi urusan foto. 

Si adek dari awal masuk ke ruangan itu kelihatan gak nyaman, saat ini juga saya baru ingat GAK BAWA MAINAN! gawat. Saya lihat di meja petugasnya juga tidak ada mainan untuk pengalih perhatian anak. Dan bener aja, usaha petugas mainin staples buat ngalihin perhatian adek, gagal. si adek takut lihat kamera yang lensanya maju mundur sendiri alias auto focus. 

Adek nangis kejer, saya, baba dan petugas udah berusaha semaksimal mungkin menghibur dan mengalihkan perhatian, tapi gak ada yang sukses. Petugas menyarankan supaya si adek bobo dulu, mungkin dia lelah...

Keluarlah kita dari ruangan foto dengan muka pasrah. Mamak laper, langsung menuju warung soto sebelah Kanim persis, Trus si baba ambil stroler di mobil, gak lama si adek bobok di depan warung soto hahaha.

Sekitar 30 menit, adek bangun. Posisi saya lagi di toko bayi masih di kompleks ruko yang sama, lagi nyari mainan buat sesi foto ulang. Buru-buru kita bawa lagi si adek langsung naik ke lantai 2. Ternyata mood adek masih sama. Ngambek, nangis. Dibujuk rayu pakai mainan pun ga mempan. Saat itu sudah jam 11 siang. Saya dan baba telanjur ijin 1/2 hari dan harus balik kerja.  

Pada akhirnya petugas kasih kesempatan ke kita buat besok pagi datang lagi untuk foto. Langsung foto, gausah pakai antri. Yasudah, akhirnya si adek kita balikin ke daycare dan kami balik ke tempat tugas. Dalam perjalanan pulang, saya sudah berencana bakal bisik-bisikin afirmasi positif ke adek sebelum tidur malam nanti supaya besok pagi lancar proses fotonya.

Rabu, 18 May 2016
Hari ini gak lupa bawa bekal aneka mainan. Juga amunisi doa dan usapan diselipin bujukan positif buat si adek supaya nanti pinter pada saat foto.

Begitu sampai di Kanim, saya bertemu petugas yang kemarin dan sempet rikues boleh gak tuker petugas yang lain kalau ada, supaya si adek gak trauma. Ternyata jawabnya, petugas yang kemaren gak masuk, hari ini diganti petugas perempuan, ibu-ibu. Yeaaaaaaaaayy....jauh di dalam hati saya girang bukan main. Iyah saya cinta ibu-ibu!

Bener kan, ternyata ibu petugasnya sabar banget  dan paling penting si adek gak grogi liat kamera yang maju mundur otomatis itu. Saya sampai tahan napas waktu kamera nyari fokus muka si adek, sampai terdengar bunyi 'cekrek'. Muka adek di komputer jelas, gak burem dan gak lagi nangis. Semua bernafas lega. Puji Tuhan sesi foto berhasil. 

Jam 0825 pagi di saat orang-orang masih hiruk pikuk proses berkas di lantai 1, kita sudah turun dari lantai 2 dengan senyum girang sambil bawa slip pembayaran yang harus dilakukan via BNI. Mission accomplished.

Sedikit tips buat ortu yang mau urus paspor anak:
- siapkan kelengkapan fotokopi dokumen: KTP ortu, KK, akte nikah, akte lahir, paspor ortu
- jangan lupa bawa dokumen asli tsb untuk ditunjukkan ke petugas
- bawa meterai 6000 untuk surat permohonan
- bawa makanan, cemilan dan mainan
- minta ke petugasnya supaya anak foto lebih dulu, sukur-sukur diijinin.
- usahakan anak dalam keadaan nyaman dan mood baik. perut kenyang dan lagi gak ngantuk
- stok sabar yang banyak

Biaya pengurusan : Rp. 355,000.-

Lama proses : 3 hari paspor jadi (setelah pembayaran dilakukan)



Alamat Kantor Imigrasi Tangsel:
Ruko Golden Boulevard Blok E No. 5-6
(Samping klinik kecantikan Natasha)
Kantor Imigrasi ini tidak melayani permohonan paspor online, tetapi harus datang sendiri alias 'walk-in'.